Rabu, 17 April 2013

Dianmas, Vol.1, No.2, Hal : 95 - 103



MENINGKATKAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMK
MELALUI  PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF

Rasiman, Intan Indiati, Kartinah, Achmad Buchori, Supandi
IKIP PGRI Semarang

Abstrak

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru-guru SMK se-eks Karesidenan Semarang khususnya guru-guru SMK di bidang pertanian dan kesehatan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru tersebut. Adapun dalam kegiatan pengabdian ini, kami mengajak MGMP SMK bidang pertanian dan kesehatan se-eks Karesidenan Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari Salatiga, Kendal, Demak, dan Kota Semarang dan bertempat di kampus IKIP PGRI Semarang tepatnya di Gedung Utama lantai 2 Ruang Seminar. Adapun materi yang diberikan pada pelatihan ini antara lain: pembuatan RPP berkarakter, pembuatan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan pembuatan akun evaluasi dengan proprofs. Selama tiga hari pelaksanaan pelatihan dengan materi pelatihan antara lain: penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penulisan hasil penelitian, penyusunan silabus dan rencana pembelajaran (RPP) yang berintegrasi denga nilai-nilai karakter, penghitungan kinerja guru (PKG), dan evaluasi online dengan propofs, menghasilkan produk luaran hasil karya para guru peserta pelatihan. Dengan pertimbangan pentingnya materi pelatihan ini, diharapkan pelatihan sejenis dapat dilaksanakan kembali di masa datang.
Kata Kunci:  Karakter, PTK, Proprofs.

A. PENDAHULUAN

           Salah satu masalah dalam bidang pendidikan adalah kemampuan siswa dalam mempelajari matematika, khususnya bagi siswa SMK. Hal ini dapat dilihat dari hasil UAN siswa SMK maupun kenyataan di lapangan bahwa para siswa masih banyak mengalami  (selanjutnya.....klik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar