MENINGKATKAN KINERJA GURU
MATEMATIKA SMK
MELALUI PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF
Rasiman, Intan Indiati, Kartinah, Achmad
Buchori, Supandi
IKIP PGRI Semarang
Abstrak
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan
guru-guru SMK se-eks Karesidenan Semarang khususnya guru-guru SMK di bidang
pertanian dan kesehatan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru
tersebut. Adapun dalam kegiatan pengabdian ini, kami mengajak MGMP SMK bidang
pertanian dan kesehatan se-eks Karesidenan Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh
50 peserta yang berasal dari Salatiga, Kendal, Demak, dan Kota Semarang dan
bertempat di kampus IKIP PGRI Semarang tepatnya di Gedung Utama lantai 2 Ruang
Seminar. Adapun materi yang diberikan pada pelatihan ini antara lain: pembuatan
RPP berkarakter, pembuatan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan
pembuatan akun evaluasi dengan proprofs. Selama tiga hari pelaksanaan pelatihan
dengan materi pelatihan antara lain: penyusunan proposal Penelitian Tindakan
Kelas (PTK), penulisan hasil penelitian, penyusunan silabus dan rencana
pembelajaran (RPP) yang berintegrasi denga nilai-nilai karakter, penghitungan
kinerja guru (PKG), dan evaluasi online dengan propofs, menghasilkan produk
luaran hasil karya para guru peserta pelatihan. Dengan pertimbangan pentingnya materi pelatihan ini,
diharapkan pelatihan sejenis dapat dilaksanakan kembali di masa datang.
Kata
Kunci: Karakter, PTK, Proprofs.
A. PENDAHULUAN
Salah satu masalah dalam
bidang pendidikan adalah kemampuan siswa dalam mempelajari matematika,
khususnya bagi siswa SMK.
Hal ini dapat dilihat dari hasil UAN siswa SMK maupun kenyataan di lapangan bahwa para siswa masih
banyak mengalami (selanjutnya.....klik)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar