Jumat, 13 April 2012

Dianmas, Vol.1, No.1, Hal : 72 - 79


PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI GUNA PERLUASAN PASAR SASARAN PRODUK KONVEKSI
DARI LIMBAH INDUSTRI TEXTILE DAN GARMEN

Karnowahadi, Suryadi Poerbo, Budi Prasetya, Jumi

Politeknik Negeri Semarang

     Abstract
Desa Ngenthak Kecamatan Tingkir Kota Salatiga merupakan sebuah desa wisata konveksi yang memiliki produk unggulan celana pendek dengan berbagai ukuran dan berbahan baku dari berbagai bahan kain sisa industri tekstil dan garmen dari industri di sekitarnya. Produk celana pendek ini dirancang untuk kebutuhan masyarakat kelas menengah ke bawah dengan harga yang terjangkau. Untuk memperluas pangsa pasar dan wilayah pemasarannya maka usaha ini perlu sentuhan teknologi tepat berbasis teknologi informasi. Kebutuhan akan sentuhan tersebut adalah sosialisasi sekaligus penawaran produk melalui internet yang dibarengi dengan pembuatan digital catalog product, dan penerapan pencatatan, penjualan, dan administrasi berbasis computer. Dua UKM binaan, yaitu Thoriq Collection dan Farrel Collection, merupakan UKM pelopor di wilayah desa wisata konveksi tersebut dipilih menjadi contoh penerapan teknologi informasi untuk UKM Konveksi di wilayah ini.        

Keyword : UKM, Salatiga, Wisata, Celana, Kain 

A.      Pendahuluan

             Untuk memasuki wilayah sentra pengrajin konveksi di daerah ini ditandai dengan papan penunjuk meskipun masih terlalu kecil bagi pengunjung, khususnya pengunjung dari luar daerah. Meskipun tanpa ditandai dengan pintu gerbang ataupun papan baliho yang megah dan besar, dukuh Ngenthak, yang terletak di desa Tingkir Lor wilayah Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Propinsi Jawa Tengah, merupakan sebuah dukuh yang relatif terkenal seantero Jawa Tengah, bahkan sampai ke beberapa wilayah di luar Jawa Tengah. Produk unggulan dari wilayah ini adalah produk konveksi yang dibuat dari kain limbah dari industri textile dan industri garmen di sekitarnya. (selengkapnya .....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar