PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI GUNA PERLUASAN PASAR SASARAN
PRODUK KONVEKSI
DARI
LIMBAH INDUSTRI TEXTILE DAN GARMEN
Karnowahadi, Suryadi Poerbo, Budi Prasetya,
Jumi
Politeknik Negeri Semarang
Abstract
Desa Ngenthak Kecamatan Tingkir Kota
Salatiga merupakan sebuah desa wisata konveksi yang memiliki produk unggulan
celana pendek dengan berbagai ukuran dan berbahan baku dari berbagai bahan kain sisa industri
tekstil dan garmen dari industri di sekitarnya. Produk celana pendek
ini dirancang untuk kebutuhan masyarakat kelas menengah ke bawah dengan harga
yang terjangkau. Untuk memperluas pangsa pasar dan wilayah pemasarannya maka
usaha ini perlu sentuhan teknologi tepat berbasis teknologi informasi.
Kebutuhan akan sentuhan tersebut adalah sosialisasi sekaligus penawaran produk melalui
internet yang dibarengi dengan pembuatan digital catalog product, dan penerapan
pencatatan, penjualan, dan administrasi berbasis computer. Dua UKM binaan,
yaitu Thoriq Collection dan Farrel Collection, merupakan UKM pelopor di wilayah
desa wisata konveksi tersebut dipilih menjadi contoh penerapan teknologi
informasi untuk UKM Konveksi di wilayah ini.
Keyword : UKM, Salatiga, Wisata, Celana,
Kain
A.
Pendahuluan
Untuk memasuki wilayah sentra pengrajin konveksi di
daerah ini ditandai dengan papan penunjuk meskipun masih terlalu kecil bagi
pengunjung, khususnya pengunjung dari luar daerah. Meskipun tanpa ditandai
dengan pintu gerbang ataupun papan baliho yang megah dan besar, dukuh Ngenthak, yang terletak di desa Tingkir Lor wilayah Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Propinsi Jawa Tengah, merupakan sebuah dukuh yang relatif terkenal
seantero Jawa Tengah, bahkan sampai ke beberapa wilayah di luar Jawa Tengah. Produk unggulan dari wilayah ini adalah produk konveksi yang dibuat dari
kain limbah dari industri textile dan industri garmen di
sekitarnya. (selengkapnya .....)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar