PENGEMBANGAN
MEDIA PEMASARAN DAN PROMOSI PRODUK UNTUK MENEMBUS PASAR GLOBAL BERBASIS WEB PADA UKM KERAJINAN
SENI UKIR KAYU DAN HANDYCRAFF
”SURYA PUTRA
ART” DI MULYOHARJO, JEPARA
Jumi, Budi Prasetya
dan Yusmar Ardhi H
Politeknik Negeri Semarang , Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang,
(024)7474417, Jumi_group@yahoo.com
Abstrak
Perubahan
teknologi informasi yang pesat diharapkan dapat menunjang pertumbuhan Usaha
Kecil Menengah di Indonesia yang setiap tahunnya meningkat pesat. Jepara
merupakan salah satu pusat industri kerajinan yang memiliki Usaha Kecil
Menengah andalan yaitu Kerajinan Seni
Ukir Kayu yang mempunyai corak dan kualitas ukir yang paling diminati pasar
lokal maupun global. Industri kerajinan ukir berkembang karena didukung oleh
Pemda Kabupaten Jepara. Pemerintah membangun sarana dan prasarana transportasi
untuk memudahkan akses masuk ke kawasan sentra industri dan terbangunnya sentra
industri kecil yang memiliki potensi menyerap tenaga kerja serta meningkatkan
pendapatan masyarakat. Pemanfaatan media promosi global dengan membuka website
merupakan media yang paling murah dengan jangkauan yang global , banyaknya
fasilitas untuk upload produk yang dijual baik melalui website free maupun yang
bayar, begitu pula dengam media korespondensi dapat dilakukan dengan membeli
domain maupun free domain, selain itu pembuatan katalog produk yang menyebutkan
kriteria produk dan gambar produk juga akan menambah kemudahan untuk memberikan
penjelasan tentang produk yang dipasarkan seperti gambar hardcopy maupun
digital, harga, berat, ukuran, dan bahan.Dengan kemudahan mendapatkan informasi
produk tersebut, diharapkan mampu meningkatkan jumlah produk terjual dan
luasnya area pasar, sehingga produk tersebut dapat menjangkau pasar global
bukan hanya lokal dan dapat meningkatkan pendapatan baik daerah maupun
nasional.
Kata Kunci
: Pemasaran, website, global,
ukir, kerajinan.
A.
PENDAHULUAN
Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah di Indonesia
setiap tahunnya cukup tinggi. Data Statistik terakhir menyebutkan bahwa
jumlahnya mencapai 225 ribu dan merupakan jantung perekonomian Indonesia [1]. Kondisi ini memberikan nilai tambah
perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan berdampak pada perkembangan
ekonomi nasional secara umum. Sehingga
Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu bagian penting dari
perekonomian suatu negara ataupun daerah, tidak terkecuali di Indonesia [2]. (selengkapnya......)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar