Jumat, 13 April 2012

Dianmas, Vol.1, No.1, Hal : 36 - 41


PENGEMBANGAN MEDIA PEMASARAN DAN PROMOSI PRODUK UNTUK MENEMBUS PASAR GLOBAL BERBASIS WEB PADA  UKM  KERAJINAN SENI UKIR KAYU DAN HANDYCRAFF
”SURYA PUTRA ART” DI MULYOHARJO, JEPARA

Jumi, Budi Prasetya dan Yusmar Ardhi H

Politeknik Negeri Semarang, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, (024)7474417, Jumi_group@yahoo.com

Abstrak
Perubahan teknologi informasi yang pesat diharapkan dapat menunjang pertumbuhan Usaha Kecil Menengah di Indonesia yang setiap tahunnya meningkat pesat. Jepara merupakan salah satu pusat industri kerajinan yang memiliki Usaha Kecil Menengah  andalan yaitu Kerajinan Seni Ukir Kayu yang mempunyai corak dan kualitas ukir yang paling diminati pasar lokal maupun global. Industri kerajinan ukir berkembang karena didukung oleh Pemda Kabupaten Jepara. Pemerintah membangun sarana dan prasarana transportasi untuk memudahkan akses masuk ke kawasan sentra industri dan terbangunnya sentra industri kecil yang memiliki potensi menyerap tenaga kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat. Pemanfaatan media promosi global dengan membuka website merupakan media yang paling murah dengan jangkauan yang global , banyaknya fasilitas untuk upload produk yang dijual baik melalui website free maupun yang bayar, begitu pula dengam media korespondensi dapat dilakukan dengan membeli domain maupun free domain, selain itu pembuatan katalog produk yang menyebutkan kriteria produk dan gambar produk juga akan menambah kemudahan untuk memberikan penjelasan tentang produk yang dipasarkan seperti gambar hardcopy maupun digital, harga, berat, ukuran, dan bahan.Dengan kemudahan mendapatkan informasi produk tersebut, diharapkan mampu meningkatkan jumlah produk terjual dan luasnya area pasar, sehingga produk tersebut dapat menjangkau pasar global bukan hanya lokal dan dapat meningkatkan pendapatan baik daerah maupun nasional.
Kata Kunci : Pemasaran, website, global, ukir, kerajinan.

A. PENDAHULUAN
            Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah di Indonesia setiap tahunnya cukup tinggi. Data Statistik terakhir menyebutkan bahwa jumlahnya mencapai 225 ribu dan merupakan jantung perekonomian Indonesia [1]. Kondisi ini memberikan nilai tambah perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan berdampak pada perkembangan ekonomi nasional secara umum. Sehingga Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah, tidak terkecuali di Indonesia [2]. (selengkapnya......)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar