Jumat, 27 Februari 2015

Dianmas, Vol.3, No.1, April 2014 - (Hal 59 - 64)



E-COMMERCE UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH BORDIR DI DESA PEGANJARAN KABUPATEN KUDUS
Mukhamad Nurkamid1), Solekhan2)
1 Program Studi Teknik Informatika, 2 Program Studi Teknik Elektro
Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus
Gondangmanis PO BOX 53 Bae-Kudus


Abstrak
Perkembangan teknologi informasi  cukup pesat. Perpaduan teknologi software dan hardware yang murah dirancang untuk memenuhi kebutuhan segala aspek  penggunanya. Banyak keuntungan yang didapat dengan memanfaatkan teknologi informasi, selain memberikan kemudahan akses kepada penggunanya dalam melihat detail produk, manfaat yang jauh lebih besar yang dapat dirasakan lainya adalah peningkatan kualitas pelayanan kepada pengguna. Terlebih teknologi informasi  yang ada digunakan telah didukung teknologi modern. Teknologi modern tersebut dapat memudahkan pengguna dalam mendapatkan kebutuhan akan informasi dan transaksi sama mudahnya dengan menggunakan tradisional, salah satunya website E-commerce. E-commerce masih menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki banyak keunggulan, selain memudahkan pelanggan dalam melihat detail produk dan bertransaksi secara real-time, dengan E-commerce seluruh aktifitas dapat terekam dengan baik sebagai solusi bisnis.Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu penerapan E-commerce untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bordir di desa Peganjaran Kabupaten Kudus sebagai penunjang komunikasi pemasaran global dalam rangka melayani pelanggan untuk mendapatkan kebutuhan produk yang diinginkan.
Kata kunci : bordir, UMKM,  e-commerce.

A.  PENDAHULUAN
Kondisi perekonomian Kabupaten Kudus sejak krisis tahun 1997/1998 sampai sekarang mengalami pasang-surut. Sebagai gambaran dapat dilihat pada pertumbuhan ekonomi dalam kurun waktu antara tahun 2005 s/d tahun 2010, di mana pertumbuhan ekonomi berdasarkan harga berlaku rata-rata mencapai 13,75% dengan PDRB rata-rata sebesar Rp 21.792.939.560.000,-.

1 komentar:

  1. waw halaman yang bagus dan artikel yang menarik . Saya senang bisa menemukan artikel ini , karena artikelnya sangat membantu dan bermanfaat untuk saya . ditunggu postingan berikutnya yaaa ...
    terimakasih

    BalasHapus