Minggu, 30 Maret 2014

Dianmas Vol. 2 No. 1, April 2013, Hal : 11 - 18



PENDIDIKAN MELEK MEDIA BAGI ORANG TUA SISWA TK

Nuryani Tri Rahayu, Hariyanto

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
Jl. Letjen Sujono Humardani No. 1 Sukoharjo 57521.
Telp.+62-0271-593156, Fax. +62-0271-591065

Abstrak
Konsep media literacy atau tingkat melek media mencakup pengetahuan tentang media baik dari aspek fisik, teknis, maupun muatan (content) dan meliputi media massa maupun media nirmassa. Hal ini penting bagi orang tua mengingat sifat massif media dan tidak adanya responsibilitas media terhadap seluruh konsekwensi  penggunaannya oleh khalayak termasuk anak-anak. Media (TV, hand phone, play station, internet, dan sebagainya) bagi siswa TK IT Mutiara Insan Sukoharjo sudah menjadi bagian dari seluruh aktivitas kesehariannya. Frekuensi dan intensitas penggunaannya seringkali lebih besar dari kegiatan edukatifnya. Keberadaan media bagi siswa TK IT Mutiara Insan Sukoharjo di satu sisi bermanfaat untuk menambah wawasan dan sebagai media pembelajaran tentang berbagai pengetahuan. Namun di sisi lain juga berdampak negatif terhadap perilaku dan kebiasaan anak-anak tersebut. Untuk mengeliminir dampak buruk penggunaan media oleh anak maka orang tua siswa tersebut perlu melakukan pendampingan dan memberikan bimbingan secara tepat. Namun kenyataannya hal tersebut belum disadari oleh sebagian besar orangtua siswa TK IT Mutiara Insan Sukoharjo. Oleh karena itu perlu dilakukan pemberian pendidikan melek media bagi orangtua. Dari hasil kegiatan ini diketahui bahwa seluruh (100%) peserta mengalami peningkatan pengetahuan dan kesadaran dengan skor terendah sebesar 1 (8,33%) dan tertinggi 7 (58,33%). Dari 47 orang peserta sebanyak 27 orang (57,45%) mencapai skor akhir sebesar 9 – 12 yang berarti dalam kategori tinggi atau memiliki tingkat penguasaan materi pendidikan diatas 67%. Sebanyak 20 orang (42,55%) peserta mencapai skor akhir sebesar 5 – 8 yang berarti dalam kategori sedang atau tingkat penguasaan materi pendidikan antara 41,67% - 66,67%. Rata-rata penambahan pengetahuan dan kesadaran mencapai 3,55 (29,61%).
Kata-kata kunci :  media literacy, penggunaan media, dampak media.


A.  PENDAHULUAN
Konsep media literacy atau tingkat melek media mencakup pengetahuan tentang media baik dari aspek fisik, teknis, maupun muatan (content) baik media massa maupun media-media nirmassa. Hal ini penting bagi orang tua khususnya ibu mengingat sifat massif media dan produk ...........(selanjutnya klik...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar