IbM KELOMPOK USAHA MIKRO JAMU
JAWA TRADISIONAL
KELURAHAN GAYAM KECAMATAN
SUKOHARJO
KABUPATEN SUKOHARJO
Sudarmi, Intan Niken Tari, Nugraheni, Sri
Rahayu
Program
Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Univet Bantara Sukoharjo
Jl.
Letjen S. Humardani No. 1 Sukoharjo, kode pos 57512,
Telp. (0271) 593156, Fax (0271) 591065,
Abstrak
Tujuan pengabdian kepada
masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pelaku
usaha mikro jamu jawa tradisional tentang : pasca panen empon-empon, pembuatan
simplisia yang berkualitas baik, pembukuan usaha, pengemasan jamu baik bentuk
simplisia, tepung jamu maupun jamu kemasan. Dengan adanya kegiatan ini agar
pelaku usaha mikro dapat lebih mengembangkan usahanya sehingga dapat
meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Bentuk kegiatan pengabdian kepada
masyarakat yaitu memberi penyuluhan (ceramah dan tanya jawab), pelatihan
produksi dan pendampingan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah
dilakukan menyebabkan adanya peningkatan : pengetahuan pembukuan 46,67 %;
pengetahuan pasca panen empon-empon dan simplisia 48,77% ; ketrampilan
pembuatan simplisia55,17 % ; ketrampilan pengemasan jamu 55,64 % ; produksi
simplisia (kunyit 49,82 % ; temu lawak
32,95 % ; jahe 52,76 % ) , peningkatan jamu tepung (kunyit 48,56 % ; kunyit putih 49,05 % ; temu lawak 63,30 ; sambiloto 42,16 % ; jahe 55,53
%), juga terjadi peningkatan jamu kemasan 31,436 %. Dengan adanya bantuan alat
pengemas aluminium foil dapat menstimulasi UM II memproduksi jamu baru bentuk
instan untuk anak-anak dengan kemasan yang lebih baik dan disukai konsumen.
Kata kunci : Usaha mikro,
jamu Jawa tradisional.
A. PENDAHULUAN
Usaha Mikro jamu jawa di
Sukoharjo ini
keberadaannya sudah turun – temurun lebih dari 40 tahun. Jamu jawa
tradisional merupakan bagian dari
kekayaan bangsa yang perlu
dilestarikan dan ditingkatkan
kualitasnya melalui pemanfaatan
ilmu pengetahuan dan teknologi,
sehingga pada saatnya nanti akan menjadi
obat alternatif disamping obat modern sejauh khasiatnya dipertanggung jawabkan secara medis (Soebandrio
dan Danur, 1996). Dewasa ini
kecenderungan (klik....)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar